Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usa Dini Melalui Buku Cerita “Halo Balita”

Instilling Character Education Values in Early Childhood Through the Storybook “Halo Balita”

  • Ratna Pangastuti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: nilai-nilai Pendidikan karakter, buku cerita Halo Balita, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan karakter suatu bangsa. Namun, saat ini banyak masalah karakter yang melanda masyarakat, terutama generasi muda. Isu dekadensi moral yang sering terjadi membuat masyarakat Indonesia melupakan karakter bangsa yang menjadi identitas mereka. Oleh karena itu, nilai-nilai pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan pada seluruh lapisan masyarakat. Buku cerita dapat membantu proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di masyarakat, terutama pada anak-anak, pendidik, dan orang tua. Salah satu buku cerita yang populer di pasaran adalah buku cerita "Halo Balita."Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini meneliti 25 buku dengan berbagai tema dan judul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, dan data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis), yaitu menganalisis isi dialog tokoh, setting, ilustrasi, dan kejadian/peristiwa yang terdapat dalam buku cerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 15 nilai karakter, yaitu: karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

References

Ashifana, Zuan. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi ‘Bilal: A New Breed of Hero.’” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.

Fadillah, Muhammmad, and Lilif Mulifatul Khorida. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep Dan Aplikasinya Dalam PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2013.

Fahmi, Choerul. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Nussa Dan Rara Season 2.” UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, 2021.

Fitrah, Muhammad, and Luthfiyah. Metodologi Penelitian; Penelitian Kuantitatif, Tindakan Kelas & Studi Kelas. Sukabumi: CV Jejak, n.d.

Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Kartikowati, Endang, and Zubaedi. Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini Dan Dimensi-Dimensinya. 1. Jakarta: Penerbit Kencana, 2020.

“Mandira Dian Semesta.” Accessed January 4, 2023. https://mandira.id/halo-balita-kumi_2141_DRH-02?aff_id=OTk3OTE5MTgyNDY=.

Mawarti, Sita. “Implementasi Media Pembelajaran Visual Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di RA Perwanida Gejugan, Tanjung, Klego, Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2018.

Moleng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, n.d.

Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik Dan Praktik. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2017.

Munthe, Ashiong Parhehean, and Dellya Halim. “Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar,” 2, 35 (2019).

Narwati, Sri. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia, 2014.

Nurgiyantoro, Burhan. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press, 2018.

Omeri, Nopan. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Manajer Pendidikan, SMA Negeri 1 Arga Makmur 9, no. 3 (2015).

Peren, Sipri. “Membaca Statistik Tentang Kasus Bullying Di Indonesia.” Depoedu (blog), 2022. https://www.depoedu.com/2022/12/13/edu-talk/membaca-statistik-tentang-kasus-bullying-di-indonesia/.

Rahmat, Pupu Saeful. Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara, 2018.

Safari, Musnizar. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: Dotpus Pubisher, n.d.

Sinamo, Junita, and Julita Herawati P. “Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 3 (n.d.).

Sudaryono. Metodologi Penelitian. 2nd ed. Depok, 2018.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan, Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

Sukantin, and M Shoffa Saifillah Al-Faruq. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Suyadi, and Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Syarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosioanal Dan Sosial Sebagai Wujud Integrasi Diri. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. 4th ed. Jakarta: Kencana, 2017.

Published
2024-06-30
Section
Articles