Peran PNM Mekaar dalam Meningkatkan Political Empowerment Perempuan Melalui Pendekatan Gendered Public Policy Analysis di Kampung Lette Romang Lompoa Kabupaten Gowa
The Role of PNM Mekaar in Increasing Women's Political Empowerment Through a Gendered Public Policy Analysis Approach in Lette Romang Lompoa Village, Gowa Regency
Abstract
Pemberdayaan ekonomi perempuan menjadi salah satu aspek penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Program Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar hadir untuk memberikan akses pembiayaan tanpa agunan serta pendampingan usaha bagi perempuan prasejahtera di daerah pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran PNM Mekaar dalam meningkatkan political empowerment perempuan di Kampung Lette Romang Lompoa, Kabupaten Gowa, melalui pendekatan gendered public policy analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun program ini berhasil meningkatkan kemandirian ekonomi perempuan, pemberdayaan politik yang lebih luas belum tercapai secara optimal. Tantangan utama dalam implementasi program ini adalah resistensi sosial terhadap perubahan peran gender di masyarakat yang masih patriarkal. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan kebijakan yang lebih sensitif terhadap dinamika sosial dan budaya, serta peningkatan pengawasan terhadap penggunaan dana pinjaman untuk memastikan keberlanjutan pemberdayaan ekonomi dan politik perempuan.
References
Ariani, K. F., Rahmawati, T. I., & Anggraini, D. V. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Masyarakat Pedesaan Guna Mendorong Tingkat Inklusi Keuangan Indonesia Perspektif Hukum Perbankan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(6), 118–128.
Choerudin, A., Widyaswati, R., Warpindyastuti, L. D., Khasanah, J. S. N., Harto, B., Oktaviani, N. F., Sohilauw, M. I., Nugroho, L., Suharsono, J., Paramita, V. S., & others. (2023). Literasi Keuangan. Global Eksekutif Teknologi.
Evans, K., Monterroso, I., Ombogoh, D. B., Liswanti, N., Tamara, A., Mariño, H., Sarmiento Barletti, J. P., & Larson, A. M. (2021). Bertindak dengan tepat, panduan untuk meningkatkan inklusi dalam forum multipihak. CIFOR.
Fairuza, H., Rastikasari, D., & Rahmansyah, N. N. (2023). Transformasi Political Awakening Perempuan: Komunitas Virtual sebagai Wujud Peran Pemuda Melalui Platform Internet sebagai Public Sphere dalam Era Digital. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 4(2), 97–106. https://doi.org/10.59784/glosains.v4i2.422
Handayani, W. (2018). Diskriminasi Gender Dalam Pendidikan. Muwazah, 10(2), 198–224.
Kabeer, N. (2014). Gender & social protection strategies in the informal economy. Routledge India.
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Laporan Tahunan Kementerian Koperasi dan UKM.
Lister, R. (2003). Introduction: Why Citizenship? In Citizenship: Feminist Perspectives (pp. 1–10). Macmillan Education UK. https://doi.org/10.1007/978-0-230-80253-7_1
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyantini, S., & Indriasih, D. (2021). Cerdas memahami dan mengelola keuangan bagi masyarakat di era informasi digital. Scopindo Media Pustaka.
PNM. (2020). Laporan Tahunan PNM Mekaar.
Rahardjo, M. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Pedesaan: Studi Kasus di Indonesia. Universitas Gadjah Mada.
Rizvi, S. (2015). Women’s Empowerment and Gender Equality in Asia. Springer.
Ruslan, M. (2010). Pemberdayaan perempuan dalam dimensi pembangunan berbasis gender. Jurnal Musawa, 2(1), 79–96.
Sugiono. (2017). Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.
Sundari, N. (2020). Perempuan dan Keuangan Mikro: Pemberdayaan Ekonomi di Indonesia. Penerbit Rajawali.
Terminanto, A. A. (2024). Penguatan Keuangan Mikro Syariah Dengan Model Modifikasi Grameen Bank Syariah Untuk Peningkatan Kesejahteraan Perempuan. UIN Jakarta.
Zalukhu, R. S., Hutauruk, R. P. S., Collyn, D., Sinaga, M., Damanik, S. W. H., & others. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Faktor Usia dan Gender Terhadap Literasi Keuangan Pelaku UMKM di Kota Medan. Accounting Progress, 3(1), 36–48.
Copyright (c) 2024 Muhammad Randhy Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.