Pola Asuh Orang Tua Karir Di Desa Ponosakan Indah Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara
Parenting Pattern of Career Parents in Ponosakan Village Belang District, Southeast Minahasa District
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan anak dalam pola asuh orang tua karir dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua karir dalam memberikan pendidikan pada anak. Data ini diolah dan dianalisis dengan desain kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Responden penelitian adalah 5 keluarga karir ganda yang terdiri dari 10 orang di desa Ponosakan Indah Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua karir bervariasi, antara lain pola asuh demokrasi dan pola asuh otoriter. Yang dimaksud pola asuh demokrasi yaitu, tidak memaksa anak, tidak memanjakan anak, memberikan kebebasan, mengembangkan keterampilan tanpa ada paksaan dan tuntutan dari orangtua. Kemudian yang dimaksud pola asuh otoriter yaitu, selalu mengontrol pendidikan anak dilingkungan sekolah dan masyarakat, membuat beberapa aturan agar hidup anak tersebut lebih tersistematis, mengajarkan kedisplinan pada anak, mengajarkan pendidikan agama pada anak, membatasi pergaulan anak, dan nasehat yang harus dipatuhi. Adapun kendala yang dihadapi orang tua karir dibagi dalam dua bagian yaitu faktor internal dan eksternal. Dalam faktor internal, kesibukan orang tua menjadi titik utama. Orang tua yang bekerja dari pagi sampai malam mengakibatkan kurangnya memberikan perhatian kepada anak. Dalam faktor eksternal, faktor lingkungan juga berpengaruh pada anak, karena anak akan selalu bermain-main dengan teman sebayanya. Faktor media sosial/teknologi berpengaruh pada anak, karena jika anak sudah terpengaruh pada media seperti TV, Handphone, Laptop dan sebagainya, mereka terkadang tidak menghiraukan perkataan atau nasihat orang tua.
References
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.
Dwiyani, V. (2013). Jika aku harus mengasuh anakku seorang diri. Elex Media Komputindo.
Handayani, N. (2013). Cara sederhana mengelola keuangan keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 11(2).
Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Deepublish.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mutmainah, L., & Kholil, A. (2020). NILAI-NILAI QUR’ANIC PARENTING (KajianTafsir Al Misbah Surah Luqman Ayat 12-19). Al-Muntaha (Jurnal Kajian Tafsir Dan Studi Islam), 2(1), 42–59.
Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117–140.
Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96–115.
Pravitasari, T. (2012). Pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku membolos. Educational Psychology Journal, 1(1).
Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi Paud. Edu Publisher.
Saedah, S., Masruroh, W., & Aziz, T. (2020). Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 10–22.
Santrock, J. W., & Warshak, R. A. (1979). Father custody and social development in boys and girls. Journal of Social Issues, 35(4), 112–125.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Lentera Hati.
Sibawaih, I., & Rahayu, A. T. (2017). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 3(2).
Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Nilacakra.
Susanti, R. D. (2015). Hubungan Pola Asuh dengan Perkembangan Sosio Emosional Pada Masa Kanak-kanak Awal. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 246–263.
Tridonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.
Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241–264.
Zumrudiyah, R. (2014). Pola asuh orang tua karir dan non karir dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam: Studi multikasus di Kelurahan Kauman Kota Blitar dan Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Copyright (c) 2022 Fadillah Muda Wantassen, Feiby Ismail, Lies Kryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.