Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Sains pada Anak Kelompok B TK Kumala Kota Parepare

Application of Experimental Methods to Improve Science Skills in Group B Children of Kumala Kindergarten, Parepare City

  • Novita Ashari Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Siti Raodah Sri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Musyarrafah Musyarrafah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Noor Fitri Institut Agama Islam Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
Keywords: Eksperimen, Anak, Keterampilan Sains

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan sains di TK Kumala belum berkembang dengan baik karena media pembelajaranan yang digunakan masih bersifat monoton. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan sains pada anak kelompok B TK Kumala Kota Parepare. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melakukan penyelidikan dengan menggambarkan keadaan suatu objek dengan berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulam data yang digunakan dalam penelitian yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kumala yang berjumlah 18 orang , 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah setelah melakukan kegiatan eksperimen keterampilan sains pada anak kelompok B lebih meningkat karena anak sudah mampu mencapai indikator sains yaitu mengamati,membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan, dan membuat kesimpulan sederhana.

Published
2023-06-30
Section
Articles