Peran Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perempuan: Studi Kasus Mahasiswa IAIN Manado

The Role of Information Technology in Women's Education: A Case Study of Iain Manado Students

  • Agung Budi Santoso State Islamic Institute of Manado (IAIN) Manado, Indonesia
Keywords: Perempuan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilmu Pengetahuan

Abstract

Artikel ini membahasa tentang peran teknologi informasi terhadap peningkatan pengetahuan perempuan : Studi kasus mahasiswa IAIN Manado. Fokus artikel ini membahas bagaimana peran dari teknologi informasi yang sangat berkembang pesat pada zaman sekarang ini terhadap dunia pendidikan para perempuan terlebih khusus dilingkungan Institut Agama Islam Negeri Manado, apakah sudah memberikan kontribusi yang baik atau malah memberikan dampak buruk bagi perempuan. Dengan metode analisis deskriptif kuantitatif artikel ini menjelaskan serta menggambarkan fakta dan data dilapangan secara utuh dan apa adanya. Kesimpulan yang didapatkan bahwa teknologi informasi yang sangat berkembang pesat pada zaman ini mempermudah bagi perempuan dilingkungan Institut Agama Islam Negeri Manado untuk mendapat pendidikan dan Ilmu pengetahuan  sebagai bekal mereka untuk kedepannya. Hal ini dapat terlihat dari responden yang memberikan jawaban Sangat Setuju (SS) dan Setuju (S) yang memiliki presentase yang besar pada hasil kuisioner.

References

Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. 2021. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3(1): 123–33.
Ainiyah, Qurrotul. 2017. “Urgensi Pendidikan Perempuan Dalam Menghadapi Masyarakat Modern.” Halaqa: Islamic Education Journal 1(2): 97–109.
Farin, S E. 2021. “Peran Perempuan Dalam Pendidikan Di Indonesia Pada Zaman Modern.” OSF Preprints. May 1(2): 1–6. https://osf.io/preprints/jvesy/.
Gani, Alcianno G. 2014. “E-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan.” Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma 3(1): 1–19.
Haris Budiman. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1): 31–43.
Killian, Nursinita. 2014. “Peran Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Antar Budaya Dan Agama.” Jurnal Dakwah Tabligh 15(2): 159–76.
Mendelson, Beatus et al. 2018. “Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Di Sma Yayasan Sub Byaki Fyadi Kabupaten Biak Numfor.” 6(2).
Muhammad, Hussein. 2004. Yogyakarta:LKIS Islam Agama Ramah Perempuan. Yogyakarta: LKiS. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=XfkOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=perempuan&ots=yrdXscl2AZ&sig=T3Wz7FBGEroXrJZUXur2iscZQBo.
Sasmita, Rimba Sastra. 2020. “Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 1: 1–5.
Tobing, Sari Mellina. 2019. “Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila.” JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 4(1): 64–73.
Published
2023-06-30
Section
Articles