MODEL PEMBELAJARAN SEVEN POWER KEY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP IT FATHONAH PALEMBANG

  • Irmansyah Irmansyah UIN Raden Fatah Palembang
  • Lusia Pratiwi
Keywords: Seven Power Key, Model Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pembelajaran bahasa Arab menggunakan Program Arabindo dan Karakteristik dari program Arabindo di SMA-IT Izzudin Palembang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar belakang di SMA-IT Izzudin Palembang. Sumber data penelitian ini adalah pengampu pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas 10 dan 11 SMA-IT Izzudin Palembang. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting dan membuang yang tidak perlu.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di SMA-IT Izzudin Palembang  menggunakan Multimedia pembelajaran (Arabindo) dirancang untuk pembelajaran bahasa Arab bagi pelajar pemula bahasa Arab, Program tersebut berisikan Percakapan praktis berbahasa Arab disertai audio, Materi Qowaid beserta Terjemahan dan contoh, Qiroah tanpa harokat, video berbahasa Arab, Latihan bahasa Arab untuk berbagai materi serta Kamus bahasa Arab. Adapun Karakteristik dari program Arabindo menunjukkan karakter yang sesuai dengan teori dan ada beberapa yang belum sesuai seperti guru tidak mencantumkan Program Arabindo di dalam RPP-nya.

Published
2021-11-29
Section
Articles