Etika Bisnis Islam dalam Perilaku Bisnis Pedagang Muslim Makassar Kota Manado

  • Rosdalina Bukido IAIN MANADO https://orcid.org/0000-0003-3022-6070
  • Adila Afifah Mampa Institut Agama Islam Negeri Manado
  • Ridwan Jamal Institut Agama Islam Negeri Manado
Keywords: etika bisnis islam, perilaku, pedagang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa wawasan pedagang Makassar di pasar 45 Manado tentang perilaku bisnis pedagang di pasar 45 dan etika bisnis Islam dengan metode kualitatif. Etika adalah salah satu tindakan yang penting dalam diri maupun dalam berdagang atau berbisnis jika di terapkan dan dipahami dengan baik dan benar. Etika bisnis Islam sebenarnya telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW pada manusia saat sedang berdagang. Itulah mengapa etika itu penting dalam bisnis dan dalam hal keseharian. Sifat Nabi yang memiliki karakter dalam berdagang memiliki sifat shidiq, amanah, fathanah, tabligh dan istiqomah. Islam tidak melarang untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara yang halal, dalam Al-Qur’an telah diperingati tentang mencari keuntungan yang baik dan jauh dari riba. Para pedagang Makassar di pasar 45 secara tidak langsung telah menerapkan etika bisnis Islam.

Published
2022-12-30
How to Cite
Bukido, R., Mampa, A., & Jamal, R. (2022). Etika Bisnis Islam dalam Perilaku Bisnis Pedagang Muslim Makassar Kota Manado. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 2(2), 114-131. https://doi.org/10.30984/maqrizi.v2i2.354