Gaming Marketplace of Metaverse: Sistem Jual Beli Muslim Milenial pada Virtual Game Highrise dalam Ekonomi Islam

  • Chadijah Haris Institut Agama Islam Negeri Manado
  • Misbahul Munir Makka Institut Agama Islam Negeri Manado
Keywords: Highrise, jual beli online; metaverse, virtual game

Abstract

Highrise menjadi salah satu metaverse bersifat virtual game yang digandrungi para anak muda tak terkecuali Muslim Milenial sebagai pengguna akun game Highrise. Selain bersifat sebagai sosial media, game ini juga dijadikan sebagai sarana jual beli sesama pengguna aplikasi. Penelitian ini betujuan untuk menggambarkan kreativitas anak-anak muda Muslim milenial dalam melakukan jual beli online dalam sebuah aplikasi virtual game online ‘Highrise’. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan etnografi virtual. Peneliti mengumpulkan data dengan mengamati berbagai aktivitas di dalam virtual game ini serta melakukan wawancara lepas dengan beberapa pengguna akun Highrise. Hasil yang didapatkan adalah para pengguna akun game Highrise melakukan dua model jual beli yakni jual beli item models dan buiding room. Jual beli ini dilakukan dengan mengguanakan mata uang Highrise Gold. Sistem transaksi ini dilakukan dengan tiga cara yakni Post/Storefront, Spin Grab dan Black Market. Dalam sistem game ini juga sering disalahgunakan dalam hal cheating/scam dalam melakukan jual beli bahkan hal ini dilakukan juga oleh Muslim juga.

Published
2023-06-30
How to Cite
Haris, C., & Makka, M. (2023). Gaming Marketplace of Metaverse: Sistem Jual Beli Muslim Milenial pada Virtual Game Highrise dalam Ekonomi Islam. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 3(1), 15-25. https://doi.org/10.30984/maqrizi.v3i1.579

Most read articles by the same author(s)