Keadilan Ekologis dalam Perspektif Al-Qur'an: Membaca Surah An-Nahl Ayat 3 Melalui Kaidah Izhhar dan Idhmar
Abstract
Artikel ini membahas konsep keadilan ekologis dalam perspektif Al-Qur'an melalui pendekatan kaidah izhhar (penyebutan eksplisit) dan idhmar (penyebutan implisit) dengan fokus pada Surah An-Nahl ayat 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana ayat tersebut dapat menjadi landasan teologis dalam mendorong kesadaran ekologis dan tanggung jawab manusia terhadap alam. Metode yang digunakan adalah pendekatan tafsir tematik, yang menghubungkan kandungan ayat dengan prinsip izhhar dan idhmar serta relevansinya terhadap isu lingkungan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surah An-Nahl ayat 3 memberikan penekanan pada kebesaran Allah sebagai pencipta segala sesuatu melalui tanda-tanda yang tersurat (izhhar) dan tersirat (idhmar) di alam. Pendekatan ini menegaskan bahwa kejelasan keberadaan Allah dapat ditemukan dalam keteraturan dan harmoni alam. Dengan demikian, manusia memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga keseimbangan lingkungan sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa keadilan ekologis dalam Al-Qur'an bukan hanya terkait dengan pelestarian lingkungan, tetapi juga dengan keadilan sosial yang berkelanjutan. Kesimpulannya, kaidah izhhar dan idhmar dapat menjadi alat hermeneutik untuk memahami pesan-pesan ekologis dalam Al-Qur'an, terutama dalam kaitannya dengan keadilan dan tanggung jawab manusia terhadap alam.
References
Abidin, Ahmad Zainal, dan Fahmi Muhammad. “TAFSIR EKOLOGIS DAN PROBLEMATIKA LINGKUNGAN: (Studi Komparatif Penafsiran Mujiyono Abdillah Dan Mudhofir Abdullah Terhadap Ayat-Ayat Tentang Lingkungan).” QOF 4, no. 1 (15 Juni 2020): 1–18. https://doi.org/10.30762/qof.v4i1.1990.
Abiyyah, Azhar Arij, Nadhilah Amalia Tauhidah, dan Najih Anwar. “ALAM SEBAGAI SISTEM Tinjauan Ekologis Dan Etis Dalam Perspektif Islam.” . . ISSN 14, no. 2 (2024): 19–33.
Ali Mutakin dan Waheeda Binti H. Abdul Rahman. “Fiqh Ekologi; Upaya Merawat Lingkungan Hidup Berbasis Konsep Maqashid Syariah.” Syariah: Journal of Fiqh Studies 1, no. 2 (2 Desember 2023): 107–26. https://doi.org/10.61570/syariah.v1i2.31.
Aripin, Ipin Tajul, dan Dede Aji Mardani. “ISLAM, ETIKA DAN EKOLOGI: TELAH AYAT-AYAT QURAN KEWAJIBAN MEMELIHARA LINGKUNGAN.” Jurnal Studi Islam dan Humaniora 5, no. 2 (2024): 123–40.
Azzahra, Syaira dan Siti Maysithoh. “PERAN MUSLIM DALAM DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN: AJARAN DAN PRAKTIK.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 6, no. 1 (26 Mei 2024): 1568–79. https://doi.org/10.20885/tullab.vol6.iss1.art8.
Dosen FKIP Universitas Jambi, dan Supian Supian. “KRISIS LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF SPIRITUAL ECOLOGY.” JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA 16, no. 31 (30 Juni 2018): 72–89. https://doi.org/10.24114/jkss.v16i31.10175.
Ery Santika Adirasa, Tutik Hamidah, dan Noer Yasin. “Implementasi saddu al-dzari’ah pada keberadaan kamar mandi umum terminal singosari terhadap lingkungan.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 11, no. 2 (7 September 2023): 51–65. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v11i2.5540.
Fajar, Adam Hafidz Al, Hidayatus Sholichah, Rizka Anisa Rahman, dan Izza Agitsna. “The Role of Islamic Values in Sustainable Development Innovation to Support the SDGs in Rural Communities” 16, no. 1 (April 2024).
Fauzi, Ahmad. “Ekologi dalam Perspektif Al-Qur’an: Telaah atas Ayat-Ayat Kauniyah.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadis 25, no. 1 (2024): 45–60.
Ferdiansah, Dini Astriani. “Hermeneutika Ekologis Al-Quran: Upaya Mereduksi Patologi Lingkungan di Indonesia.” HERMENEUTIK 12, no. 2 (8 Oktober 2019): 1. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v12i2.6075.
Firdaus, Yurid Shifan A’lal. “Formulasi Kaidah al-Iz}ha>r dan al-Id}ma>r.” Qaf; Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 6, no. 1 (2024): 15–30.
Foltz, Richard C. Islam and Ecology: A Bestowed Trust. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press, 2003.
Garwan, Muhammad Sakti. “TELAAH TAFSIR EKOLOGI Q.S AL-BAQARAH AYAT 30.” TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin 18, no. 1 (5 Mei 2020): 23–56. https://doi.org/10.30631/tjd.v18i1.77.
Izzi Dien, Mawil. The Environmental Dimensions of Islam. Cambridge: The Lutterworth Press, 2000.
Lubis, Arief Fahmi. “Sosiologi Hukum : Mitigasi Dampak Global Warming Sebagai Role Model Konservasi Sumber Daya Alam di Tambling Wildlife Nature Conservation.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin 2, no. 1 (2022).
Marlina, Irma Septiani Daffa, Nina, Harlina Haris, dan Salmawati. “Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologis Siswa Sekolah Dasar.” JSES: Jurnal Sultra Elementary School 5, no. 1 (2024): 54–69.
Masruri, Ulin Niam. “PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF SUNNAH.” At-Taqaddum; Jurnal Peningkatan Mutu dan Kependidikan Islam 6, no. 2 (2014).
Muhafidin, Didin. “PERSPEKTIF ISLAM DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN.” Jurnal ‘Ulūm al-Qur’ān: Ilmu Pengetahuan dan Masyarakat Madani 1, no. 1 (Januari 2024).
Mukhlis, Febri Hijroh. “PARADIGMA EKOLOGIS DALAM TAFSIR AL-QUR’AN: Kajian Tematik-Kontekstual.” QOF: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir 6, no. 1 (2022): 89–108.
Nadhirah, Hanny. “Menggali Gaia.” https://crcs.ugm.ac.id/category/laporan-wednesday-forum, 30 Oktober 2023. https://crcs.ugm.ac.id/menggali-gaia/.
Nafisah, Mamluatun. “Tafsir Ekologi: Menimbang Hifẓ al-Bīah sebagai Uṣul ash-Sharī’ah dalam Al-Qur’an.” Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 1 (2019): 93–111.
Nasr, Seyyed Hossein. Religion and the Order of Nature. New York: Oxford University Press, 1996.
Nurhayati, Aisyah, Zulfa Izzatul Ummah, dan Sudarno Shobron. “KERUSAKAN LINGKUNGAN DALAM AL-QUR’AN.” SUHUF: International Journal of Islamic Studies 12, no. 1 (2019): 194–220.
Redwan, Afsan. “When the Earth Speaks Against Us: Environmental Ethics in Islam.” yaqeeninstitute.org (blog), 22 Juli 2024. https://yaqeeninstitute.org/read/paper/when-the-earth-speaks-against-us-environmental-ethics-in-islam.
Sabt, Khalid bin Utsman as-. Qawa’id at Tafsi>r. Beirut: Dar Ibn Affan, t.t.
Stevanus, Kalis. “Pelestarian Alam sebagai Perwujudan Mandat Pembangunan: Suatu Kajian Etis-Teologis.” Kurios 5, no. 2 (1 November 2019): 94. https://doi.org/10.30995/kur.v5i2.107.
Wani, Nasir Hassan, dan Areesha Azhar. “Islamic Environmental Ethics: Preserving The Sacred Balance.” International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR) 6, no. 3 (t.t.).
Zulfikar, Eko. “WAWASAN AL-QUR’AN TENTANG EKOLOGI: KAJIAN TEMATIK AYAT-AYAT KONSERvASI LINGKUNGAN.” QOF: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir 2, no. 2 (2018): 113–28.