Analisis Hukum Ghīlah dan ‘Azl

Kajian Taḥlīlī Interdisipliner dalam Perspektif Hadis dan Fikih

  • Ahmad Alfan Khalil Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Ahmad Ubaydi Hasbillah
Keywords: Ghīlah, ‘Azl, Hadis Muslim, Fikih Islam, Kajian Interdisipliner

Abstract

Syariat Islam tidak hanya mengatur aspek ibadah ritual, tetapi juga mencakup dimensi biologis dan sosial kehidupan manusia, termasuk dalam hubungan suami istri. Dua praktik yang dikenal sejak masa Nabi Muhammad ﷺ, yaitu ghīlah (hubungan suami istri saat istri sedang menyusui) dan ‘azl (mengeluarkan mani di luar rahim), mencerminkan fleksibilitas hukum Islam yang mempertimbangkan antara kemaslahatan dan kemudaratan. Hadis riwayat Muslim nomor 1442 menjadi landasan utama dalam memahami hukum kedua praktik tersebut, dengan penekanan bahwa Nabi ﷺ tidak melarang ghīlah, dan para sahabat melakukan ‘azl tanpa adanya larangan eksplisit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status hukum ghīlah dan ‘azl melalui pendekatan takhrīj hadis, analisis matan, serta telaah terhadap pandangan para ulama klasik. Selain itu, studi ini juga mengaitkan interpretasi tradisional dengan konteks kontemporer, khususnya dalam isu kesehatan ibu dan anak, serta hak reproduksi dalam institusi pernikahan. Hasil kajian menunjukkan bahwa hadis riwayat Muslim nomor 1442 berstatus ṣaḥīḥ dan dapat dijadikan ḥujjah dalam penetapan hukum. Hadis ini juga tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip medis modern, terutama terkait kesehatan ibu menyusui dan perencanaan keluarga. Selain itu, pemahaman terhadap hadis-hadis hukum seperti ini memerlukan pendekatan multidisipliner, yang tidak hanya bertumpu pada analisis tekstual, tetapi juga mempertimbangkan maqāṣid al-syarī‘ah serta dinamika sosial yang terus berkembang.

References

al ʿAsqalānī, Ibn Ḥajar. Fatḥ al Bārī bi Sharḥ Ṣaḥīḥ al Bukhārī. Beirut: Dār al Maʿrifah, 1379 H/1959 M.

al Baghdādī, Abū ‘Abd Allāh Muḥammad bin Saʿd. Al Ṭabaqāt al Kubrā. Beirut: Dār al Kutub al ‘Ilmiyyah, 1410 H/1990 M.

al Bājī, Abū al Walīd Sulaymān ibn Khalaf. Al Mun¬taqā Sharḥ al Muwaṭṭaʾ. Kairo: Maṭbaʿat al Saʿādah, 1332 H.

al Bukhārī, Muḥammad bin Ismāʿīl. At Tārīkh al Kabīr. Al Dakkīn: Dā’irat al Ma‘ārif al ‘Uthmānīyah.

al Dārimī, Abū Muḥammad ‘Abd Allāh bin ‘Abd al Raḥmān. Sunan al Dārimī. Riyadh: Dār al Mughnī, 1412 H/2000 M.

al-Dhahabī, Muḥammad ibn Aḥmad, Siyar Aʿlām al Nubalāʾ. Beirut: Muʾassasat al Risālah, 1405 H/1985 M.

al Dhahabī, Shams ad Dīn Abū ‘Abdallāh. Tārīkh al Islām wa Wafayāt al Mashāhīr wa al Aʿlām. Kairo: Dār al Gharb al Islāmī, 2003.

al Ghazālī, Muḥammad. As Sunnah al Nabawiyyah bayna Ahl al Fiqh wa Ahl al Ḥadīṡ. Kairo: Dār al Syurūq, 1990.

al Mizzī, Yūsuf ibn ʿAbd al Raḥmān, al Maʿrifah wa al Tārīkh. Beirut: Muʾassasat al Risālah.

al Mizzī, Yūsuf ibn ʿAbd al Raḥmān. Tahdhīb al Kamāl fī Asmāʾ al Rijāl. Beirut: Muʾassasat al Risālah, 1400 H/1980 M.

al Nasā’ī, Abū ʿAbd al Raḥmān. Al Sunan al Kubrā. Beirut: Mu’assasat al Risālah, 1421 H/2001 M.

al Nawawī, Yaḥyā ibn Sharaf, al Minhāj Sharḥ Ṣaḥīḥ Muslim. Beirut: Dār Ihyā’ at Turāth al ‘Arabī.

al Qarḍāwī, Yūsuf. Kayfa Nataʿāmal Maʿa as Sunnah an Nabawiyyah. Kairo: Maktabah Wahbah, 2006.

al Rāzī, Ibn Abī Ḥātim. Al Jarḥ wa at Taʿdīl. Beirut: Dār Iḥyāʾ at Turāth al ‘Arabī, 1271 H.

al Shawkānī, Muḥammad bin ‘Alī. Irshād al Fuḥūl ilā Taḥqīq al Ḥaqq min ‘Ilm al Uṣūl. Beirut: Dār al Fikr.

al Tamīmī al Bustī, Muḥammad ibn Ḥibbān, Mashāhīr ʿUlamāʾ al Amṣār wa Aʿlām Fuqahāʾ al Aqṭār. al Manṣūrah: Dār al Wafāʾ, 1411 H/1991 M.

al Tamīmī al Bustī, Muḥammad ibn Ḥibbān. Al Thiqāt. Hyderabad: Dār al Maʿārif al ʿUthmāniyyah, 1393 H/1973 M.

al Tirmidhī, Abū ʿĪsā. Sunan al Tirmidhī. Kairo: Maktabat Muṣṭafā al Bābī al Ḥalabī, 1395 H/1975 M.

Anīs, ʿAbd al Samīʿ. “Nahwa Manhajiyya Muʿāṣiro li Dirāsat al Ḥadīth al Taḥlīlī.” Makalah dalam Mu’tamar Mustaqbal al Dirāsat al Ḥadīthiyya, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Ilmu Islam, Universitas al Qosim, 140 H, hlm. 397–437.

Azhary, Muhammad Royyan Faqīh, Mashur, dan Fajrul Falah. “Understanding of The Ayna Allah Hadith: an Interdisciplinary Tahlili Study.” Jurnal Nabawi 5, no. 2 (September 2024). https://doi.org/10.55987/nabawi.

bin Anas, Mālik, al Muwaṭṭaʾ. Beirut: Dār Iḥyā’ al Turāth al ‘Arabī, 1406 H/1985 M.

Faqīh Azhary, Muhammad Royyan, Mashur, dan Fajrul Falah. “Understanding of The Ayna Allah Hadith: an Interdisciplinary Tahlili Study.” Jurnal Nabawi 5, no. 2 (September 2024). https://doi.org/10.55987/nabawi.

Hawa, Muḥammad Saʿīd. al Asās fī al Sunnah wa Fiqhihā. Beirut: Dār as Salām, 1997.

Ibn al Ḥajjāj, Muslim. Ṣaḥīḥ Muslim. Beirut: Dār Iḥyāʾ al Turāth al ‘Arabī.

Luqmanuddin, Ikhwan. “Analisis Praktik Ghīlah dari Perspektif Medis dan Fikih.” Jurnal Syariah dan Kesehatan 5, no. 2 (2020): 22–35.

Radman, Wa’il Hamud Hazza’. “Mushkilāt Sharḥ al Ḥadīth al Taḥlīlī wa Ḥalluhā.” Majallat Kuliyyat al Dirāsāt al Islāmiyyah wa al ʿArabiyyah 4, no. 2 (2019): 316–494.

Rahmah, Arifah Aulia. “Tinjauan Medis dan Hukum Islam Terhadap Praktik Ghīlah (Coitus Selama Masa Menyusui).” Jurnal Bioetik dan Kesehatan Islam 4, no. 1 (2021): 56–68.

Rāʾid, Muḥammad ʿAbd al Ubaydī. Al Ḥadīth al Taḥlīlī: Dirāsah Taʾṣīlīyah Taṭbīqīyah. Baghdad: Maktab Shams al Andalusī li ṭ Ṭibāʿah ar Raqmīyah wa t Taṣmīm wa n Nashr, 2018.

Rizqiyanur, dan Muhammad Syahriza. “Analisis Hadis tentang ‘Azl dan Kaitannya dengan Pengaturan Kelahiran.” Jurnal Studi Hadis 3, no. 1 (2022): 17–28.

Sulaymān ibn al Ashʿath, Abū Dāwūd. Sunan Abī Dāwūd. Juz 4, hal. 9. Beirut: al Maktabah al ʿAṣriyyah.

Syakur, Abdul. Kedudukan Hamm dan ‘Azm Nabi dalam Penetapan Hukum Islam (Studi Terhadap Hadis Tentang Ghīlah). Tesis Program Pascasarjana, IAIN Tulungagung, 2019.

Published
2025-06-30
Section
Articles