Tafsir Nuzuli Muhammad ‘Abid Al-Jabiri

  • Muhammad Fadli Rahman IAIN Manado
Keywords: Tafsir, Tartib Nuzuli, Al-Jabiri

Abstract

Dalam Studi al-Qur’an, susunan al-Qur’an dibedakan menjadi dua macam, yaitu tartib mushaf (urutan al-Qur’an yang ada dalam mushaf) dan tartib nuzul (urutan turunnya al-Qur’an secara kronologis). Pada umumnya kitab-kitab tafsir disusun dengan mengikuti tartib mushaf, mulai dari al-Fatihah sampai dengan an-Nas. Namun demikian, al-Jabiri dalam tafsirnya Fahm al-Qur’an al-Hakim memilih menggunakan tartib nuzuli dalam urutan surah-surahnya. Abid al-Jabiri menyampaikan gagasan bahwa dalam proses menafsirkan al-Qur'an tidak bisa dilepaskan dari sejarah kenabian, yang meliputi berbagai aspek kehidupan Nabi dan masyarakat di sekitarnya. Urutan turunnya surah-surah dalam al-Qur’an menggambarkan perkembangan sejarah selama periode Nabi saw. menerima wahyu, sehingga menjadikan tartib nuzuli sebagai acuan tafsirnya adalah hal yang tepat. Namun demikian, tidak adanya dokumentasi yang pasti tentang urutan kronologis surah-surah al-Qur’an membuat al-Jabiri berupaya melakukan ijtihad dan memadukannya dengan riwayat-riwayat yang memberikan indikasi yang kuat tentang urutan turunnya beberapa surah dalam al-Qur’an. Metode yang digunakan al-Jabiri dalam tafsirnya adalah metode ijmali, kecuali dalam beberapa ayat yang dieksplor lebih detail oleh al-Jabiri.

References

Abdullah, Abdullah. “Kritik Nalar Arab: Tinjauan Kritis Atas Pemikiran Muhammad ‘Abid Al-Jâbirî.” Jurnal Diskursus Islam 1, no. 1 (2013).

Dimyathi, M Afifudin. “Tiga Kitab Tafsir Yang Disusun Berdasarkan Waktu Turunnya,” 2019. https://islami.co/tiga-kitab-tafsir-yang-disusun-berdasarkan-waktu-turunnya-al-quran/

Al-Jabiri, 'Abid. Fahm al-Qur’an al-Hakiim: al-Tafsir al-Wadih Hasb Tartib al-Nuzul, Juz 3 (Beirut: Markaz Dirasat al-Wihdah al-Islamiyyah, 2009).

Literate, Syntax, and Jurnal Ilmiah Indonesia. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk” 5 (2020)..

Nadhiroh, Wardatun. “Fahm Al-Qur’an Al-Hakim; Tafsir Kronologis Ala Muhammad Abid Al-Jabiri.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 15, no. 1 (2017)..

Niam, Aulan. “Metode Penafsiran Kontemporer Abid Al-Jabiri.” Jurnal Ulunnuha 10, no. 1 (2021).

Ramadhani, Moch Rafly Try. https://tafsiralquran.id/mengenal-kitab-fahm-al-quran-al-hakim-tafsir-nuzuli-m-abid-al-jabiri/

As-Suyuthi, Imam Jalaluddin. Studi Al-Qur’an Komprehensif: Membahas Al-Qur’an Secara Lengkap dan Mendalam (terj. Tim Editor Indiva, Surakarta: Indiva Pustaka, 2008).

Yahya, Mohammad. “Hermeneutika M. Abed Al-Jabiri Dan Implikasinya Terhadap Hukum Islam (Kasus Nasakh Dan Nikah Mutˋah).” As-Salam 3, no. 1 (2013).

Published
2022-12-27
Section
Articles