Pendidikan Toleransi Beragama: Meningkatkan Literasi Islam Wasathiyah di Kalangan Gen-Z Muslim Di Kota Tangerang
Abstract
Kehidupan masyarakat multikultural di Indonesia, khususnya di Kota Tangerang, menuntut adanya penguatan nilai-nilai toleransi beragama, terutama di kalangan generasi muda. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Islam wasathiyah (moderat) di kalangan Gen-Z Muslim melalui pendekatan pendidikan toleransi beragama. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop, diskusi interaktif, dan pembuatan konten edukatif yang melibatkan pelajar SMA dan mahasiswa sebagai sasaran utama. Metode yang digunakan mencakup penyuluhan partisipatif, pemanfaatan media digital, serta evaluasi pra dan pasca kegiatan untuk mengukur efektivitas program. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap prinsip-prinsip Islam wasathiyah, seperti keseimbangan, keadilan, dan penghargaan terhadap keberagaman. Selain itu, program ini juga berhasil membentuk sikap positif peserta terhadap pentingnya toleransi antarumat beragama. Dengan demikian, penguatan literasi Islam wasathiyah melalui pendidikan toleransi beragama dinilai efektif sebagai strategi pembentukan karakter moderat di kalangan Gen-Z Muslim di wilayah urban seperti Kota Tangerang.