Penguatan Nilai-Nilai Ekoteologi pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Petta Kepulauan Sangihe
Abstract
Abstrak
Permasalahan lingkungan yang terus meningkat memerlukan solusi dari berbagai sektor, termasuk pendidikan. Nilai-nilai ekoteologi, yang mengintegrasikan kesadaran ekologis dan nilai-nilai keagamaan, menjadi salah satu pendekatan strategis dalam menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai ekoteologi pada peserta didik MTs Muhammadiyah Petta di Kepulauan Sangihe melalui pendekatan berbasis pendidikan karakter islami dan aksi lingkungan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan ceramah interaktif, diskusi, dan praktik lapangan seperti pembuatan kebun sekolah serta pengelolaan sampah berbasis lingkungan dan nilai-nilai tauhid. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik terhadap keterkaitan antara iman dan tanggung jawab ekologis. Selain itu, kegiatan ini mampu mendorong perubahan perilaku dalam menjaga kebersihan, memanfaatkan sampah organik, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar. Kesimpulan dari kegiatan ini menyatakan bahwa integrasi ekoteologi dalam pembelajaran di madrasah efektif dalam membentuk karakter religius-ekologis peserta didik.