Sosialisasi Model Talqin-Tahsin-Taqlid Pada Pembelajaran Huruf-Huruf Arab Di Rumah Tahfizh Sahabat Quran Manado
Abstract
Tulisan ini mengulas tentang pendampingan pembelajaran huruf Arab dengan menggunakan model Talqin-Tahsin-Taqlid yang bertempat di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an Manado dalam meningkatkan mutu bacaan dan hafalan siswa di Rumah Tahfidz tersebut. Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mursyid tentang bentuk dan langkah-langkah model Talqin-Tahsin-Taqlid. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap monitoring dan evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah a) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model talqin, tahsin, taqlid terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di rumah tahfidz SQ manado. b) Untuk menerapkan tiga model Talqin, Tahsin, Talqid antara lain siswa mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an sesuai dengan Makharijul huruf, tajwid, dan tahsinnya, memiliki akhlakul karimah yang qurani, mampu mengajarkan Al-Qur’an serta mampu menghafal Al-Qur’an