Pelatihan Penggunaan Strategi Inquiry Learning Pada Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Assalam Manado

  • Hasnil Oktavera IAIN Manado
  • Abdurrahman Wahid Abdullah
  • Siti Avia Zanuba Djama
  • Ilfansyah M. Firdho Fatli
Keywords: Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab, Inquiry Learning

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab pada pendidikan formal dewasa ini dianggap mata pelajaran yang membosankan oleh siswa karena dianggap tidak memberdayakan mereka dalam aktifitas pembelajaran, maka solusi yang ditawarkan adalah pembelajaran active learning dengan strategi  Inquiry learning yang mutlak diketahui oleh guru bahasa arab terutama pada pembelajaran mufradat. Pelatihan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesimpulan dari pelatihan ini adalah: a) Pelatihan menggunakan strategi Inquiry learning merupakan pengalaman baru yang dirasakan oleh guru bahasa arab dalam menggunakannya, b) Pelaksanaan kegiatan dberjalan lancar dan peserta pelatihan mengikutinya dengan antusias, c) Dalam penerapannya, strategi ini terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru diantaranya dibutuhkan waktu yang relatif panjang dan dituntut kreatifitas guru

Published
2020-12-27