PENDAMPINGAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 2 MANADO
Abstract
Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas III SD Muhammadiyah 2 Manado”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap implementasi metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA di kelas III SD Muhammadiyah 2 Manado, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat pembelajaran metode eksperimen pada materi IPA di Kelas III SD Muhammadiyah 2 Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran membuat proses belajar lebih menarik dan peserta didik lebih berani mengeluarkan pendapat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA mereka. Faktor penghambat penggunaan metode eksperimen yaitu keterbatasan fasilitas yang berupa alat praktek dan dan keterbatasan waktu persiapan kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung penggunaan metode eksperimen adanya pengawasan dan dorongan guru sehingga peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik.