Pembiasaan Berbahasa Arab Melalui Lingkungan Berbahasa Di Pondok Pesantren Assalam Manado
Abstract
Lingkungan berbahasa Arab di lingkungan Pondok Pesantren adalah suatu aktivitas yang sering kita dapatkan, baik Pondok Pesantren Tradisional maupun Pondok Pesantren Modern. Dengan demikian perlu adanya pembentukan dan pembiasaan berbahasa Arab di setiap lingkungan Pondok Pesantren yang ada. Penelitian ini menggunakan metode Training of Trainer (TOT), dengan cara pemeberian materi melalui meetode mubasyarah (langsung), tanya jawab dan pengamatan serta evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencapai empat keterampilan berbahasa Arab yaitu keterampilan mendengar (maharah istima’), keterampilan berbicra (maharah kalam) keterampilan membaca (maharah al-Qiraah), dan keterampilan menulis (maharah al-Kitabah). Hasil penelitian ini adalah pembiasaan berbahasa Arab melalui lingkungan berbahasa Arab di Pondok Pesantren As-Salam Manado adalah program halaqah lughawiyah, biah lughawiyah, dan praktek baca kitab kuning