Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Autoplay Pada Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatun Nikmah Manado
Abstract
Media Pembelajaran merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi antara guru dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran disekolah. Media pembelajaran yang memiliki arti yang lebih luas dari alat peraga atau alat bantu mengajar, karena media pembelajaran harus bisa merangsang pikiran peserta didik dalam proses belajar mengajar dengan segala bentuk media. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam proses menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada peserta didik, proses tersebut dilakukan agar semua pesan (materi belajar) lebih mudah dimengerti oleh peserta didik. Sehingga mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dengan sebelumnya dengan sistem belajar yang lebih berkesan. Maka peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran animasi berbasis Autoplay Media Studio. Autoplay media studio merupakan perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia yang mengintergrasikan berbagai tipe media misalnya : Gambar, Suara, Vidio, Teks kedalam presentasi yang dibuat. Penelitian pengembangan ini berpedoman dari desain penelitian pengembangan level 1 dengan menggunakan 5 langkah-langkah menurut Sugiyono yang diadaptasikan dari Borg dan Gall, langkah pengembangan yaitu potensi dan masalah, (studi literature dan pengumpulan informasi), desain produk, validasi desain dan prototipe. Dengan validasi ahli yaitu uji kelayakan media pembelajaran animasi berbasis Autoplay Media Studio, yaitu ahli media, materi dan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatun Nikmah Manado dengan contoh materi ajar “Sistem Peredaran Darah Manusia dan Hewan”.