Pelatihan Desain Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital E-Learning Bagi Guru Bahasa Arab Di Madrasah Se-Kota Manado

  • Muhammad Husni Mubarak IAIN Manado
  • Abdurrahman Wahid Abdullah
  • Alimudin Rivai
  • Moh Zulkifli Paputungan
  • Anzilika Muhdiya
Keywords: Desain Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab, Digital E-Learning

Abstract

Kegiatan pelatihan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri atas tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan tiga tahapan tersebut diperoleh beberapa hasil pelatihan yaitu : a) Pelatihan desain multimedia pembelajaran bahasa Arab memberikan informasi dan pengalaman baru bagi guru-guru bahasa Arab dalam penggunaan multimedia berbabasis digital e-learning yang dipraktekkan pada pelatihan, b) Pelaksanaan pelatihan berjalan lancar dan peserta pelatihan mengikutinya dengan seksama dan serius sehingga terjalin timbal balik antara pemateri dan peserta dalam pemantapan penggunaan aplikasi yang digunakan, c) Dalam penerapannya, multimedia pembelajaran bahasa Arab berbasis digital e-learning terbilang mudah karena peserta pelatiahan dapat mengakses aplikasi secara mudah, gratis, dan penggunaannya juga mudah dipahami dan dijalankan oleh guru-guru bahasa Arab yang mengajar di sekolah/madrasah se-kota Manado, dan di antara aplikasi tersebut adalah Sahehly, Narakeet dan Power Point-Audio Visual.

Published
2023-01-25