Penguatan Kompetensi Guru TK/RA Manado dalam Mengajarkan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing untuk Generasi Alpha

  • Indah Wardaty Saud IAIN Manado
  • Nur Halimah IAIN Manado
  • Nikmala Nemin Kaharuddin IAIN Manado
  • Effendi M Universitas Terbuka Makassar
  • Gina Nurvina Darise IAIN Manado
  • Gita Fajrin Jafar IAIN Manado
Keywords: Kompetensi Guru TK/RA, Bahasa Inggris, Generasi Alpha

Abstract

Dalam dunia pendidikan anak usia dini, mengenalkan Bahasa Inggris merupakan salah satu cara mempersiapkan anak untuk masa depan yang sukses. Generasi alfa, yang lahir di era internet, membutuhkan keterampilan dalam bahasa Inggris karena teknologi global menggunakan bahasa ini sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru pendidikan anak usia dini untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan dalam berbahasa Inggris, kompetensi membuat rancangan dan materi ajar menggunakan aplikasi seperti Canva, serta menggunakan metode yang tepat dalam mengelola kelas. Namun, banyak guru yang berasal TK/RA belum memiliki kualitas Bahasa Inggris yang mempuni, belum berinovasi menggunakan aplikasi sederhana dalam menyusun materi sendiri, juga belum mendapatkan metode ajar Bahasa Inggris yang cocok bagi siswa mereka. Untuk mengatasi masalah ini, pelatihan guru menjadi solusi penting untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Paket pelatihan ini mencakup konsep pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini, pembuatan media berbasis video menggunakan Canva. Di akhir pelatihan, para guru yang telah dilatih melakukan microteaching sebagai tahap evaluasi dalam pelatihan ini. Hasil yang diperoleh yakni 90% guru telah menunjukkan performa yang baik dalam menyampaikan materi Bahasa Inggris dengan menggunakan metode lagu dan permainan dengan perolehan nilai rata-rata 81.6 kategori high (Sangat baik). Selain itu, guru juga memperlihatkan keterampilan dalam mendesain materi menggunakan Canva.

Published
2024-07-19