Pendampingan Siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan Terhadap Pemahaman Sejarah Masuknya Islam di Nusantara Melalui Rihlah Ilmiah di Barus
Abstract
Abstrak
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tapanuli Tengah tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui metode rihlah ilmiah di Barus. Barus dikenal sebagai salah satu pintu masuk awal Islam ke Indonesia, yang memiliki sejarah panjang dan penting dalam penyebaran agama Islam. Metode kegiatan ini dilakukan dengan metode pendampingan yang digunakan yaitu dengan sosialisasi, ceramah, tanya jawab dan diskusi. Pada tahap sosialisasi dan ceramah, narasumber menjelaskan materi terkait sejarah masuknya Islam di Nusantara. Kegiatan rihlah ilmiah ini melibatkan langsung ke situs-situs bersejarah di Barus. Melalui kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa Siswa SMA Negeri 1 Matauli masih awam mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara. Kemudian, metode rihlah ilmiah ini juga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memperkuat nilai-nilai toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya dan agama.