Efektivitas Penggunaan Duolingo dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Overall Effect Size dan Heterogenitas

  • Julham Hukom Universitas Negeri Makassar
  • Irfan Irfan Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Akmal Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
Keywords: Bahasa Arab, Duolingo, Meta-Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis overall effect size dan variabel moderator terkait penggunaan Duolingo dalam pembelajaran bahasa arab dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis group contrast dengan menganalisis delapan (k = 8) studi pimer yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis menggunakan software OpenMee menunjukkan bahwa penggunaan Duolingo secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab dibandingkan pembelajaran konvensional, dengan nilai overall effect size sebesar (g = 0,91; p < 0,05). Hasil analisi variabel moderator menunjukan bahwa variabel tipe kemampuan yang diukur mempengaruhi efektivitas penggunaan duolingo dalam pembelajaran bahasa arab (Qb = 9.56; p < 0.05), penggunaan duolingo lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata dibandingkan kemampuan mendegar dan lainnya. Meskipun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan, khususnya pada jumlah studi yang dianalisis dan ketidakterlibatan analisis variabel moderator. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain seperti jenis durasi penggunaan aplikasi atau integrasi Duolingo dengan strategi pembelajaran lain.

Published
2025-06-28
Section
Articles