Kamus Arab-Indonesia: Sumber Belajar Penunjang pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X DI MA Al-I’anah Playen Gunungkidul

  • ulin - nuha STAI Yogyakarta
Keywords: Bahasa Arab, Sumber Belajar, Kamus Arab-Indonesia

Abstract

Bahasa adalah kunci dari semua hal. Salah satu bahasa internasional terpenting adalah Bahasa Arab yang kemudian dipilih untuk dipelajari disemua sekolah yang ada di bawah Kemenag. Kemenag sendiri telah menyusun kurikulum dan buku ajar paket guna berjalannya pembelajaran Bahasa Arab yang ada di sekolahnya. Buku sebagai sumber ajar adalah sesuatu yang sangat penting dalam pembelajaran. Semua sekolah memakai buku ajar yang diterbitkan oleh Kemenag termasuk MA Al-I’anah Playen, Gunungkidul. Akan tetapi ada yang berbeda dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Al-I’anah, selain menggunakan buku ajar paket terbitan kemanag sebagai sumber ajar inti, MA Al-I’anah juga memakai Kamus Arab Indonesia sebagai sumber ajar penunjang pembelajaran Bahasa Arabnya. Melalui penelitian kualitatif deskriptif ini tergambarkan bahwasanya keberadaan Kamus Arab-Indonesia ini ternyata memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berlangsungnya pembelajaran Bahasa Arab. Dengan adanya kamus tersebut pembelajaran Bahasa Arab di sana menjadi sangat efektif, efisien, dan menyenangkan.

Published
2024-06-29
Section
Articles