Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Nahwu: Sebuah Tinjauan atas Temuan-temuan Terbaru (2019-2024)

  • Aidah Mifta Khurrosyidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Mufti Rizky Ponny IAIN Manado
  • Hasnil Oktavera IAIN Manado
  • Misbahuddin Jamal IAIN Manado
Keywords: Pembelajaran Nahwu, Metode Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Literatur review

Abstract

Pembelajaran secara kooperatif mutlak dilakukan pada pembelajaran bahasa Arab pada abad 21. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan pembelajaran nahwu menggunakan model CL dengan meninjau temuan penelitian terkait pada lima tahun terakhir (2019-2024) dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 artikel yang telah diterbitkan dalam 5 tahun terakhir ditemukan lima aspek pada model CL tipe jigsaw dalam pembelajaran nahwu yaitu (1) Peningkatan Penguasaan Nahwu, (2) Partisipasi Aktif Siswa, (3) Peningkatan Hasil Belajar, (4) Pengembangan Keterampilan Sosial dan Kerjasama, dan (5) Peningkatan Keterlibatan dan Interaksi Siswa. Aspek peningkatan pemahaman nahwu dengan metode eksperimen lebih dominan digunakan. Pembelajaran Nahwu model CL tipe jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbahasa menjadi perhatian bagi para peneliti selanjutnya.

Published
2024-06-30
Section
Articles