Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Terintegrasi Teori Belajar Behavioristik, Kognitivistik dan Konstruktivistik di Madrasah Berbasis Pesantren

  • Ahmad Syamsudin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Habibah Nur Habibah Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Behavioristik, Kognitivistik, Kontrustivistik, Kemahiran Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa arab pada  keterampilan berbicara dengan menggunakan integrasi teori belajar di Mts Raudlotul Qr’an Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi toeri belajar dalam keterempilan berbicara ditemukan a) pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan teori behaviorisme dengan membangun lingkungan bahasa, metode menghafal mufrodat, kompetisi bahasa arab dan penerapan percakapan dalam kegiatan sehari-hari. b) pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan teori kognitifis dilakukan dengan metode diskusi dan qowaid dan tarjamah. c) pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan teori konstruktivisme yang menggunakan pembelajaran konstektual, pembelajaran kooperatif, permainan bahasa dan metode lagu. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ada faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab yaitu faktor internal dan eskternal, seperti ligkungaan bahasa, motivasi diri, guru profesional dan fasilitas belajar yang memadai.

 

Published
2024-12-31
Section
Articles