Transformasi Manajemen Kurikulum dengan Kecerdasan Buatan: Pendekatan Adaptif untuk Masa Depan Pendidikan

  • Wiwin Yuni Isnaeni Universitas KH. Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
Keywords: manajemen, kurikulum, pendidikan, kecerdasan buatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum menggunakan teknologi  Artificial Intelligence (AI) serta implikasi dari AI yang digunakan pada lembaga sekolah di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan pendidik dan siswa serta analisis dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sumber data berupa informan yaitu para pendidik dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi dari revolusi manajemen kurikulum melalui Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran, Personalisasi Pembelajaran dengan AI dan Platform E-Learning Pendidikan Islam. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran dengan aplikasi mobile dan platform e-learning. Personalisasi pembelajaran melalui AI dengan Myob, spriteshet, Linux, Wireless. Platform E-Learning Pendidikan Islam dengan Canva, Scheduling Algorithms dan Predictive Analytics

Published
2025-01-03
Section
Articles