Kepemimpinan Transformasional Islami Sebagai Kunci Sukses Mutu Pendidikan Di MAN Manokwari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kepemimpinan transformasional Islami dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Manokwari bagaimana nilai-nilai kepemimpinan Islami yang menginspirasi, membimbing, serta mampu membentuk lingkungan pendidikan yang berkualitas secara akademik dan spiritual peran. Objek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan di MAN Manokwari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif model Milles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional Islami yang diterapkan oleh kepala madrasah tidak hanya menciptakan budaya kerja yang religius dan profesional, tetapi juga meningkatkan kedisiplinan, motivasi guru, serta partisipasi aktif seluruh elemen sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Kontribusi penelitian ini terletak pada penegasan pentingnya perpaduan antara kepemimpinan visioner dan nilai-nilai Islam dalam membangun mutu pendidikan yang berkelanjutan, khususnya di lingkungan madrasah. Temuan ini diharapkan menjadi rujukan bagi institusi pendidikan Islam lainnya dalam mengembangkan model kepemimpinan yang efektif dan berkarakter.
Copyright (c) 2025 Dena Izzatul Ulya, Nur Aziza Turrohmah, Siti Aimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.