Transformasi Sosial Melalui Pendidikan Non-Formal: Studi Empiris Tentang Inovasi Menejemen Rintisan Inisiatif PKBM

  • Dwi Ajeng Maulidya Makalao Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fardan Abdul Basith Pascasarjana PI S3 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: transformasi sosial, inovasi, manajemen, pendidikan non-formal

Abstract

Pendidikan memegang peran sentral dalam membentuk tatanan sosial yang inklusif dan berdaya. Di wilayah perdesaan, di mana akses terhadap pendidikan formal masih terbatas, pendekatan alternatif menjadi kebutuhan mendesak dalam upaya menciptakan perubahan sosial yang berkelanjutan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah pengembangan pendidikan nonformal melalui lembaga seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Patriot Desa dalam merancang menejemen dan mengembangkan PKBM di Desa Cikurutug, serta sejauh mana inisiatif tersebut mampu menghadirkan pendidikan yang transformatif dan berdampak pada perubahan sosial masyarakat desa. Pendekatan ini diharapkan dapat menjadi model replikasi bagi desa-desa lain dalam upaya membangun pendidikan berbasis komunitas yang kontekstual dan berkelanjutan. Studi ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris bagaimana peran Patriot Desa dalam merancang dan mengembangkan PKBM di Desa Cikurutug, serta sejauh mana inisiatif tersebut mampu menghadirkan pendidikan yang transformatif dan berdampak pada perubahan sosial masyarakat desa. Sebagaiupaya membangun pendidikan berbasis komunitas yang kontekstual dan berkelanjutan. Pemetaan yang di peroleh dari penilaian berdasarkan dimensi (Kesehatan, Pendidikan dan Modal Sosial) Yang didapatkan dari data wibesite idm.kemendesa.go.id. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendasarkan pengetahuan dan kesimpulan pada pengamatan dan eksperimen langsung.

Published
2025-10-01
Section
Articles