Probelmatika Manajemen Sarana Dan Prasarana di Madrasah Swasta
Abstract
Setiap Madrasah memiliki sarana dan prasarana, baik itu memadai atau tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Pengelolaan ini dimaksudkan agar dalam menggunakan sarana dan prasarana, proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Sarana dan Prasarana pendidikan di Madrasah Nurul Taqwa Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data di lapangan data tersebut selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Nurul Taqwa Manado yaitu kepala madrasah melakukan kegiatan perencanaan dan pengelolaan sumber daya di Madrasah Tsanawiyah Nurut Taqwa, baik pendidik, siswa hingga sumber daya keuangan. Manajemen pendayagunaan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Nurut Taqwa terdiri dari enam tahapan meliputi: (1) Perencanaan atau analisis kebutuhan, (2) pengadaan, (3) pemakaian/penggunaan, (4) penyimpanan, (5) inventaris, dan (6) penghapusan