Manajemen Pemasaran Di MI Darussalam 02 Kartasura

  • Isnaini Munawaroh UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Akhmad Nur Ikhsan
Keywords: Pemasaran, Madrasah, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pemasaran Lembaga Pendididkan Islam di MI 02 Darussalam Kartasura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan manajemen pemasaran MI Darussalam 02 Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan megumpulkan data melalui observasi, wawancara terhadap sumber yang relevan, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan salah satu personel sekolah yaitu WAKA Kurikulum, karena yang langsung bersangkutan dalam mengurus pemasaran di MI 02 Darussalam Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran jasa pendidikan di MI Darussalam 02 Kartasura dalam menerapkan pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan cara mencari data anak-anak yang lulus dalam tahun akademik dari TK Darussalam terdekat yang dilanjutkan dengan cara door to door ke rumah-rumah penduduk sekitar dan menawarkan program serta benefit yang diberikan ketika menyekolahkan anak mereka di MI 02 Darussalam Kartasura.

Published
2022-12-25
Section
Articles