Implementasi Evaluasi Diri Madrasah Sebagai Modal Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Madrasah
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui implementasi evaluasi diri madrasah sebagai modal penyusunan rencana kerja anggaran madrasah di MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan bendahara madrasah. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi, sedangkan data sekunder melalui wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik model interaktif yang dikembangkan oleh Miles et al. yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sebagai modal penyusunan rencana kerja anggaran madrasah di mts muhammadiyah 1 gondangrejo sebagian besar telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dari Kementerian Agama dengan menambahkan komponen unggulan dari madrasah yang meliputi standar proses, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan, penilaian pendidikan, isi, kompetensi lulusan, sarana dan prasarana, serta standar pembiayaan. Rincian kegiatan Evaluasi Diri Madrasah di MTs Muhammadiyah 1 Gondangrejo sebagian besar telah mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam setiap kegiatan-kegiatan