Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah
Abstract
Manajemen kinerja merupakan suatu proses yang dilakukan untuk keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan organisasi. Untuk memotivasi para pegawai untuk dapat memiliki motivasi kerja yang tinggi maka diberikan kompensasi dengan imbalan yang memadai sesuai kinerja yang dilakukan, mengikutsertakan dalam pendidikan dan pelatihan yang relevan bidang tugasnya, menciptakan iklim kerja yang kondusif agar nyaman dalam melaksanakan kerja dengan penuh komitmen. Tujuan penelitian untuk mengatur kinerja dengan lebih terstruktur dan terorganisir, mengetahui seberapa efektif dan efisien suatu kinerja, membantu dalam penentuan pengambilan keputusan, meningkatkan kemampuan dan mendorong para pegawai Kementerian Agama di Provinsi Sulawesi Tengah untuk meningkatkan kinerjanya. Rancang bangun suatu organsasi dibutuhkan manajemen melalui langkah-langkah atau tahapan untuk mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efesien. Tahapan yang dimaksud adalah (1) Directing/planning terhadap target yang akan dicapai dengan memperhatikan prinsip SMART (Measureable, Achievable, Realistic, dan Timebound); (2) Managing/supporting yang berfokus pada manage, dukungan, dan pengendalian terhadap jalannya proses agar tetap berada pada jalurnya; (3) Review/appraising terhadap kinerja yang telah dilaksanakan; dan (4) Developing/ rewarding yang berfokus pada pengembangan dan penghargaan, (5) Timebound dengan menentukan batas waktu pekerjaan diselesaikan sesuai rencana kerja