Pemberdayaan Personalia Pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

  • Kusnan Kusnan IAIN Manado
  • Lies Kryati IAIN Manado
  • Fadila Lasambu IAIN Manado
Keywords: pemberdayaan, personalia, pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemberdayaan Personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Pemberdayaan Personalia Pendidikan di SMP NegeriDaerah Kotabunan dan kendala dalam pemberdayaan personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, tata usaha, dan operator. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini yaitu dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasiyang akan menggambarkan bagaimana Pemberdayaan Personalia Pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa  Pemberdayaan Personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabuan sudah cukup baik, dimana  setiap tahun selalu ada peningkatan kwalitas guru setelah mengikuti Diklat, Pelatiha, atau kegiatan-kegiatan yang nantinya akan meningkatkan kwalitas dari guru maupun tenaga kependidikan yang ada di SMP Negeri Daerah Kotabunan. Sedangkan yang menjadi kendala dalam pemberdyaan personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan yaitu dengan keterbatasan personalian yang ada dan sarana dan prasarana yang belum memadai

Author Biography

Lies Kryati, IAIN Manado

Penelitian ini membahas tentang Pemberdayaan Personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Pemberdayaan Personalia Pendidikan di SMP NegeriDaerah Kotabunan dan kendala dalam pemberdayaan personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, tata usaha, dan operator. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini yaitu dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasiyang akan menggambarkan bagaimana Pemberdayaan Personalia Pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa  Pemberdayaan Personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabuan sudah cukup baik, dimana  setiap tahun selalu ada peningkatan kwalitas guru setelah mengikuti Diklat, Pelatiha, atau kegiatan-kegiatan yang nantinya akan meningkatkan kwalitas dari guru maupun tenaga kependidikan yang ada di SMP Negeri Daerah Kotabunan. Sedangkan yang menjadi kendala dalam pemberdyaan personalia pendidikan di SMP Negeri Daerah Kotabunan yaitu dengan keterbatasan personalian yang ada dan sarana dan prasarana yang belum memadai

Published
2022-12-25
Section
Articles