Pengaruh Manajemen Kelas Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Islam Yapim Manado

  • Nurul Fajriani Mokodompit IAIN Manado
  • Abdul Latif Samal
  • Syamsul Bahri Mamonto
Keywords: manajemen, kelas, media pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, komponen yang harus diperhatikan adalah mengenai kelas, media pembelajaran, dan hasil output peserta didik dalam pembelajaran pada kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen kelas dan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, koesioner, observasi, wawancara, dan data dokumentasi berupa hasil belajar peserta didik. Populasi dalam metodologi penelitian sebanyak 22 orang guru dan sampel penelitian yang diambil 11 (sebelas) orang guru. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli 2021 sampai bulan September 2021 di SMK Islam Yapim Manado. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 54,10%, sedangkan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh sebesar 48,30%. Manajemen kelas dan media pembelajaran secara bersama – sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh data 72,30%, dapat disimpulkan bahwa semakin baik manajemen kelas dan media pembelajaran yang dilakukan guru, maka semakin baik pula hasil belajar peserta didik

Published
2022-12-25
Section
Articles