Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Nurut-Taqwa Manado

  • Kusnan Kusnan Institut Agama Islam Negeri Manado
  • Kasmawati Ilam IAIN Manado
Keywords: Sarana, Prasarana, Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs Nurut-Taqwa Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data di lakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan penyiapan data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Nurut-Taqwa Manado melalui beberapa tahap dengan adanya, (1) Perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan. Menyusun rencana kebutuhan, dan penentuan skala prioritas (2) Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan kepala madrasah yaitu dengan cara membeli atau menerima perolehan dana dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, baik itu dari pemerintah yayasan, BOS, donator maupun proposal, (3) pendistribusian sarana prasarana di MTs Nurut-Taqwa Manado kepala madrasah memberikan tanggung jawabnya kepada kepala tata usaha, pendistribusian di MTs Nurut-Taqwa di lakukan secara langsung (4) Pemeneliharaan/penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Nurut- Taqwa yaitu kepala madrasah menugaskan kepada masing-masing bagian dan semua guru, tenaga pendidik dan juga siswa/siswi untuk menjaga dan menyimpan barang dengan baik, sesuai pada tempatnya masing-masing.

Published
2021-06-25
Section
Articles