Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Nurut Taqwa Manado
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana sdi MTS Nurut Taqwa Manado.Peran yang dimaksud dalam pembahasan ini adakah upaya dan tidakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini untuk megetahui dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana serta menganalisis faktor-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana di MTS Nurut Taqwa Manado
Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini dimaksudkan agar dapat mengetahui dan mendeskripsikan secara rinci dan jelas tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana di MTS Nurut Taqwa Manado
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Peran kepala MTs Nurut Taqwa Manado sejauh ini bentuk peningkatannya secara menyeluruh telah baik. Dampak dari peran kepala sekolah terhadap peningkatan mutu sarana dan prasarana menunjkan hasil yang posistif. (2) Kendala dan solusi Dalam Meningkatkan Mutu Sarana dan Prasarana di MTs Nurut Taqwa Manado yaitu terletak pada minimnya dana BOS untuk melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Sebagai solusinya maka kepala sekolah senantiasa berusaha mencari para donatur untuk pendapatkan dana. Dari dana donatur, ditambahkan ke dana BOS yang sudah ada, tidak lupa pula pihak kepala sekolah selalu menghimbau disetiap rapat orangtua/wali siswa untuk turut berpastisipasi perihal pengadaan sarana dan prasarana yang skala prioritasnya diutamakan oleh sekolah.