Model Pengelolaan Terpadu Sarana dan Prasarana Pendidikan Pada Yayasan Pendidikan Islam di Kota Manado
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah penggunaan bersama sarana dan prasarana yang ada pada beberapa sekolah yang terdapat dalam satu gedung sehingga terjadi bentrokan saat menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan terpadu serta menganalisis problematika dan solusi dari pengelolaan terpadu sarana prasarana pendidikan pada Yayasan Pendidikan Islam di Kota Manado. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, penyebaran instrumen penelitian, dokumentasi, dan triangulasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan kabsahan data. Dari penelitian ini diperoleh penjelasan bahwa pengelolaan terpadu sarana prasarana pendidikan yang terjadi pada yayasan pendidikan Islam di kota Manado adalah dengan melalui komponen-komponen berupa perencanaan pengadaan, penggunaan dan pemanfaatan, serta pemeliharaan sarana prasarana. Dalam pelaksanaan pengelolaan terpadu sarana prasarana pendidikan terdapat problematika yaitu terbatasnya sarana prasarana, kurangnya kesadaran pemeliharaan saran prasarana, serta yang paling mengalami kendala yaitu penggunaan sarana prasarana secara bersama-sama sehingga mengalami bentrokan penggunaannya. Solusi dari faktor penghambat adalah guru harus lebih kreatif dalam menggunakan sarana prasarana yang tersedia dan membuat jadwal penggunaan sarana prasarana melalui koordinasi dengan pihak terkait agar mendapat titik temu.
Copyright (c) 2024 Abdul Latif Samal, Kusnan, Abdul Muis Daeng Pawero,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.