Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Kreativitas Dan Inovatif di SMK Bismillah

  • Syifakholilatu Sadiyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wahyu Hidayat
Keywords: implementasi kebijakan, kewirausahaan, kreativitas, inovasi

Abstract

Penelitian ini membahas peran kepala sekolah dalam menerapkan kebijakan kewirausahaan yang berfokus pada kreativitas dan inovasi di SMK Bismillah. Tujuannya adalah memahami peran kepala sekolah dalam menanamkan semangat kewirausahaan, strategi penerapan kebijakan tersebut, dan faktor-faktor penghambat implementasi kurikulum kewirausahaan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting dalam menanamkan semangat kewirausahaan melalui teladan, pembinaan, dan motivasi. Implementasi strategi berbasis kreativitas dan inovasi dilakukan melalui pengembangan kurikulum, program kewirausahaan, dan unit usaha sekolah. Hambatan yang ditemukan meliputi kendala anggaran, sarana dan prasarana terbatas, serta pemahaman guru yang kurang mendalam tentang kewirausahaan. Peran kepala sekolah sangat vital dalam mendorong pengembangan kewirausahaan di sekolah.

Author Biography

Wahyu Hidayat

Penelitian ini membahas peran kepala sekolah dalam menerapkan kebijakan kewirausahaan yang berfokus pada kreativitas dan inovasi di SMK Bismillah. Tujuannya adalah memahami peran kepala sekolah dalam menanamkan semangat kewirausahaan, strategi penerapan kebijakan tersebut, dan faktor-faktor penghambat implementasi kurikulum kewirausahaan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting dalam menanamkan semangat kewirausahaan melalui teladan, pembinaan, dan motivasi. Implementasi strategi berbasis kreativitas dan inovasi dilakukan melalui pengembangan kurikulum, program kewirausahaan, dan unit usaha sekolah. Hambatan yang ditemukan meliputi kendala anggaran, sarana dan prasarana terbatas, serta pemahaman guru yang kurang mendalam tentang kewirausahaan. Peran kepala sekolah sangat vital dalam mendorong pengembangan kewirausahaan di sekolah

Published
2024-08-12
Section
Articles