Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 9 Rejang Lebong

  • Nandy Roynaldy IAIN Curup
  • Idi Warsah IAIN Curup
  • Nurjannah Nurjannah IAIN Curup
Keywords: manajemen, program, tahfidz, Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 9 Rejang Lebong”. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan dicetusnya program tahfiz pada 2017. Setiap tahun belum ada perkembangan yang signifikan terhadap kualitas dari program tahfidz Al-Quran, namun program ini terus berjalan hingga saat ini. Program tahfidz ini menjadi program sorotan tersendiri karena dilaksanakan oleh SMA Negeri dan berada dilokasi bukan kawasan agamis. Penelitian ini memfokuskan pada empat fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program Tahfidz Al-Qur'an di SMAN 9 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui study kasus. Sumber data terdiri dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan proses perencanaan program meliputi penentuan tujuan dan target, musyawarah penunjukan penanggungjawab/pembina program, perencanaan mekanisme proses pelaksanaan serta fasilitas program. Pengorganisasian program mencakup penunjukan pembina sebagai penanggungjawab program, pengarahan serta koordinasi yang baik antar setiap bagian yang terkait. Pelaksanaan program meliputi kegiatan persiapan tempat dan media belajar, dibuka dengan pembacaan asmaul husna dan doa-doa serta pemberian arahan dari pembina, kegiatan murojaah dan setoran hafalan, serta pemantauan langsung oleh pembina tahfidz dan diketahui oleh kepala sekolah. Evaluasi program mencakup kegiatan tes hafalan, pelaporan pembina tahfidz kepada kepala sekolah serta integrasi hasil evaluasi

Published
2024-08-08
Section
Articles