Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah di MA Al-Muhajirin Manado

  • Rusman Langke IAIN Manado
  • Abdul Muis Daeng Pawero
  • Misbahuddin Jamal
  • Dimas Damogalad
  • Intan Wahyuni Korompot
  • Safira Paputungan
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, Manajemen  Berbasis  Sekolah menentukan    materi    atau    silabus pelajaran, sistem pembelajaran, sistem   evaluasi,   dan   yang   paling penting   adalah   penentuan   metode pembelajaran.   Dengan   kesempatan tersebut    pengajar    mata    pelajaran bahasa Arab dapat mengekplorasikan kemampuannya dalam melaksanakan pembelajaran    dengan   menganilisis keadaan siswa yang sedang menempuh   pelajaran   serta   kondisi sosial    masyarakat    di    lingkungan Pendidikan. Untuk    membantu    pebelajar agar dapat dengan mudah menguasai keterampilan berbahasa arab mulai dari keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis yang sesuai dengan tingkatannya, seorang pengajar harus mampu   memilih   materi   atau   topik pelajaran  sesuai  dengan kesenangan dan   pengalaman   siswa.   Disisi   lain pilihan metode dan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan siswa juga menentukan    keberhasilan    peserta didik  dalam  menguasai  bahasa  Arab. Disinilah  letak  korelasi  pembelajaran bahasa    Arab   dengan    Manajemen Berbasis  Sekolah  (MBS). Oleh karena itu kegiatan pengabdian dengan judul “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah di MA Al-Muhajirin Manado” mampu meningkatkan kemampuan guru Bahasa arab dalam membantu peserta didik dalam menguasai Bahasa Arab

Published
2021-12-27