Evaluasi Program Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah

  • Irmawaty Laiya
Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Online, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran online mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatun Nikmah Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang permasalahan dari program pembelajaran online mata pelajaran Matematika, keunggulan dan kelemahan program pembelajaran online, serta pengaruhnya terhadap pengalaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif model evaluasi iluminatif. Yang lebih menekankan pada evaluasi yang berorientasi kualitatif terbuka. Dasar konsep yang digunakan model evaluasi ini adalah lingkungan belajar berupa lingkungan sosial-psikologis dan materi Ketika guru dan peserta didik berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran online untuk mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatun Nikmah hanya menggunakan aplikasi whatsapp saja. Proses pembelajaran menjadi tidak efektif karena siswa lebih bergantung pada jawaban yang tersedia di internet. Siswa juga mengalami penurunan dalam hal kualitas pengetahuannya. Meskipun di sisi lain pembelajaran online bisa berlangsung dimana saja dan kapan saja, namun, proses pembelajaran online ini sangat berpengaruh pada pengalaman belajar siswa.

Published
2021-09-22