Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar SiswaMataPelajaran PAI di Sekolah Dasar

  • Sufiani Sufiani IAIN Kendari
  • Aris Try Andreas Putra
Keywords: Teacher Strategy, PAI, Interest in Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menggambarkan mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 21 Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitiannya adalah guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa diimplementasikan dengan melakukan manajemen kelas, melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, memusatkan perhatian siswa, memberikan motivasi, memberikan penguatan, dan menerapkan prinsip pembelajaran kooperatif dan individualisasi.  Pemilihan  strategi  yang tepat oleh guru  dalam pembelajaran termasuk guru Pendidikan Agama Islam dapat berimplikasi  dalam meningkatkan minat belajar siswa dan dapat dijadikan masukan bagi guru Pendidikan Agama Islam pada umumnya untuk dapat menerapkan strategi-trategi tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran.

Published
2023-06-30